Selasa, 12 Februari 2013

Rumah purba di Scotlandia


Penemuan rumah purba di pinggiran Edinburgh, Skotlandia, yang diperkirakan dibangun sekitar 10.252 tahun lampau membuat banyak orang heran, apa betul dalam kurun ribuan tahun masih ada sisa-sisa bangunan rumah purba? tapi itulah hasil temuan dari tiga petugas yang saat itu sedang melakukan survey untuk membangun penyebarangan sungai di daerah Echline, di South Queensferry, tak jauh dari Edinburgh. 

Arkeolog senior di lembaga Historic Scotland, Rod McCullagh menjelaskan "ini penemuan penting karena benda-benda ini menjadi bukti salah satu rumah tertua di Skotlandia".  Para ahli juga menemukan bekas pondasi berbentuk oval, lubang bekas penyangga dinding dari kayu, dan sejumlah benda lain, seperti sisa-sisa tungku, dan bahkan arang kulit kemiri.  Di situs galian tersebut juga didapati beberapa penemuan unik lainnya seperti lubang pos, busur panah, perkakas rumah tangga, dan titik api untuk pengapian. Selain itu MicCullagh juga memperkirakan penguhuni rumah masuk ke pinggiran Edinburgh setelah era es mencair di jaman Mesolitikum.

Para arkeolog memperkirakan rumah tersebut berbentuk seperti tenda, sedangkan dindingnya terbuat dari tanah liat yang disangga dengan kayu. Dirumah tersebut,  juga ditemukan arang kulit kemiri yang diperkirakan jenis makanan yang dikonsumsi penghuni rumah.  Menurut arkeolog kemungkinan rumah tersebut tidak dihuni sepanjang tahun dan hanya ditempati saat musim dingin. |Sumber | image

0 komentar:

Posting Komentar