Minggu, 17 Maret 2013

Antisipasi Pergeseran Paradigma belajar abad 21


Perkembangan ilmu pengetahuan di abad 21, mengalami banyak peningkatan. Produktivitas, kreativitas, inovasi dan efektivitas dalam memberdayakan ilmu pengetahuan saat ini  merupakan hal yang harus dikuasai bagi mereka yang ingin tetap bertahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sudah sewajarnya hal ini di antisipasi oleh setiap elemen pendidikan guna menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi saat ini.

Terjadinya pergesesan paradigma pendidikan di abad 21 ini, menjadi alasan bagi Kementerian Dikbud RI dalam penetapan kurikulum 2013 seperti yang dikutip dari kemdiknas.go.id bahwa "Diiakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan".


Ciri yang paling signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 lebih berbasis pada informasi, komputasi, otomasi dan komunikasi. Model pembelajaran pada kurikulum 2013 yang menjadi antisipasi perkembangan tersebut antara lain :

  • Bagaimana mencari tahu informasi, bukan menunggu diberitahu
  • Bagaimana merumuskan masalah, bukan menyelesaikan masalah
  • Melatih pemikiran analitis (pengambilan keputusan) dan bukannya mekanistis (rutin)
  • Melatih dan meningkatkan kolaborasi atau kerjasama dalam penyelesaian masalah.
Tentunya pada pengembangan kurikulum 2013 ini telah terjadi banyak perubahan pada elemen kurikulum sebelumnya. Perubahan elemen itu sendiri terjadi pada  standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian.  Perubahan elemen ini sebagai konsekuensi dalam mendukung model pembelajaran di abad 21.

Melalui kurikulum ini juga akan lebih ditekankan lagi kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik lagi pada peserta didik. Diharapkan 5 (lima) entitas yang akan mengalami perubahan antara lain, tenaga kependidikan, manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa serta masyarakat umum.


Kurikulum 2013 saat ini, juga dapat menjadi tolak ukur bagaimana menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan ilmu pengetahuan dalam hal produktivitas, kreativitas, inovasi dan efektivitas dalam memberdayakan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. | Sumber |Directory Explorer

0 komentar:

Posting Komentar