Selasa, 15 Januari 2013

7 Jembatan terpanjang di Indonesia

Jembatan berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih area yang terhalang oleh sungai, selat maupun ngarai untuk meningkatkan arus transportasi dari dua atau lebih kawasan yang terhubung.  Indonesia merupakan negara kepulauan yang hampir 70 persen wilayahnya adalah laut.  Eksistensi jembatan merupakan hal yang penting bagi negeri ini dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama pada kawasan-kawasan yang memiliki potensi.  Berikut ini adalah 7 jembatan terpanjang di Indonesia :  

(1). Jembatan Suramadu, 
Jembatan Nasional Suramadu merupakan  jembatan terpanjang saat ini di Indonesia yang menghubungkan antara pulau Jawa (Surabaya) dengan Pulau Madura (Bangkalan) yang membentang di atas Selat Madura. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 meter yang terdiri dari tiga bagian yaitu jembatan penghubung, jembatan utama dan jalan layang. Jembatan ini  mulai dibangun tahun 2003 dan selesai tahun 2009.




(2) Jembatan Posopati


Jembatan ini memiliki panjang 2.800 meter, yang menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dengan Jalan Surapati dan melewati lembah Cikapundung, Bandung. Jembatan Pasopati (kependekan Pasteur dan Surapati) ini dibangun untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di wilayah kota Bandung bagian utara. Jembatan yang sempat mengalami kendala saat pembangunannya ini selesai pada tanggal 26 Juni 2005. 


(3) Jembatan Barelang 

Jembatan Barelang merupakan salah satu jembatan terpanjang yang membentang sejauh 2.264 meter. Jembatan ini menghubungkan tiga pulau, yaitu Pulau Batam,Pulau Rempang dan Pulau Galang dan merupakan rangkaian dari enam jembatan (termasuk di dalamnya Jembatan Teuku Fisabilillah) yang jika dihubungkan dapat mencapai lebih dari 2 km. Kontruksi Jembatan Barelang mirip dengan Golden Gate di San Fransisco dengan banyaknya kabel-kabel stayed yang terhubung dengan dua pilar utama, yang menjadikan jembatan ini terlihat megah.

(4) Jembatan Ampera 

Jembatan Ampera memiliki panjang  1.117 meter. Jembatan yang juga menjadi ikon  Kota Palembang ini  membentang di atas sungai Musi yang menghubungkan antara daerah Seberang Ulu dan daerah Seberang Ilir, jembatan ini berada ditengah-tengah Kota Palembang yang indah.


(5) Jembatan Barito 

Jembatan Barito diresmikan pada tahun 1997 merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.082 meter. Jembatan Barito dibangun untuk menghubungkan antara tepi barat sungai Barito (di Kecamatan Anjir Muara) dengan tepi timur Sungai Barito (di Kecamatan Alalak, Kalimantan Selatan)

(6) Jembatan Dondang

Masih di pulau Kalimantan, Jembatan Dondang menghubungkan Kecamatan Muara Jawa dengan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 840 meter. Diresmikan pada tahun 2004 dan merupakan alternatif penghubung antara Kota Samarinda dengan kota Balikpapan dengan jarak tempuh lebih pendek jika ditempuh dengan jalan darat.

(7) Jembatan Mahakam Ulu 

Jembatan Mahakam Ulu merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia, yang  melintasi sungai Mahakam sepanjang 789 meter. Jembatan Mahakam Ulu dibangun sebagai sarana penghubung kelurahan Loh Buah dengan kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang (Kalimantan Timur). Jembatan ini diresmikan pada tanggal 15 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Demikian 7 jembatan terpanjang di Indonesia.  (Referensi)


Related post :

3 komentar:

  1. keren bang,, fantastic,, apalagi negara kita masuk salah satunya,,
    mantap bang :)
    salam bang :)

    BalasHapus
  2. jembatan barito dari kalimantan selatan gak masuk ya? :'?

    BalasHapus