Selasa, 26 Februari 2013

Tips Membangun Sandi Aman dan Kuat


Kebanyakan pengguna komputer memiliki beberapa password untuk akun e-mail, online banking, forum diskusi, site member, eBay, PayPal, dan sebagainya. Dengan begitu banyak password untuk diingat, menjadi hal yang sulit untuk mengingat semuanya, dan kebanyakan user mungkin berpikir lebih mudah dengan menggunakan password yang sama di situs yang berbeda, atau menggunakan password yang mudah diingat seperti tanggal kelahiran atau nama anak. Sayangnya, diantara jenis password dapat dengan mudah di hack. |Image: merdeka.com

Hal seperti itu hanyalah bersifat sementara, karena peluang bagi hacker untuk melakukan hack cukup terbuka sehingga banyak diantara password user dengan tipe seperti itu harus menerima hacking dari hacker.  Tips berikut akan membantu Anda untuk membangun sebuah password yang kuat dan aman.

Membangun password kuat

  1. Gunakan password yang kuat . Sandi yang kuat mengandung kombinasi dari enam atau lebih huruf besar dan huruf kecil, ditambah tanda baca dan angka. Menggunakan semua empat jenis karakter karya yang terbaik. Misalnya daripada menggunakan "welcome" akan lebih baik jika menggunakan "W3Lc0mE^9" 
  2. Hendaknya password  delapan karakter atau lebih. Semakin panjang password, semakin sulit untuk dicrack (diretak).
  3. Jangan menggunakan password yang sama dua kali. Jika, misalnya, akun eBay Anda telah di hack dan password Anda didapatkan oleh hacker, maka hacker akan mengakses dengan cepat akun lainnya seperti PayPal,  jika Anda menggunakan password yang sama.
  4. Jangan gunakan informasi umum dalam password Anda, seperti tanggal lahir, nomor telepon Anda, atau informasi lainnya yang berkaitan langsung dengan Anda.
  5. Sandi terdiri dari karakter bukan kata-kata tepat yang dianggap lebih aman.
  6. Berhati-hatilah kalau perlu hindari menulis password  login ke browser melalui komputer umum (misalnya, di kafe perpustakaan atau internet) jika informasi rincian password tersimpan dalam browser hapuslah pada fasilitas penghapusan password di browser
  7. Jangan klik link e-mail dan login ke situs yang aman dari e-mail. Meski e-mail terlihat sah, selalu ketik URL ke browser sendiri, kemudian login ke akun Anda. Ini akan membantu Anda menghindari serangan phishing .
  8. Jangan biarkan aplikasi untuk menyimpan password Anda secara online, dan jangan lupa untuk menghapus cache browser Anda, yang menyimpan story dan password.
  9. Ingatlah untuk mengubah password Anda sesering mungkin, terutama akun penting, akan lebih baik jika semakin sering password diubah.
  10. Jangan pernah berkomunikasi atau bertukar password kepada siapa pun, terutama melalui e-mail atau instant messenger. Hendaknya password harus selalu dirahasiakan. 

Buat Password yang kuat dari Pass Phrase

Beberapa sistem akan memungkinkan Anda untuk menggunakan Pass Phrase, yang merupakan frase dengan spasi. Ini adalah jenis yang paling aman dari log-in. Jika sistem tidak mendukung frase, maka Anda dapat membuat sebuah password yang aman dari frase.
Misalnya "Anakku Ryan umur 12 tahun" sebagai password bisa "aRu12th". Anda dapat membuat ini lebih aman, bisa juga Anda mengganti beberapa karakter dengan huruf besar dan menambahkan angka dan tanda baca, seperti : "aRu12TH!". Jenis password sering lebih mudah untuk diingat. | Image: raperiadisepti.blogspot.com

Periksa Kekuatan Password Anda

Ada banyak layanan online yang dapat membantu Anda menentukan seberapa aman password Anda. Checker Sandi Microsoft memungkinkan Anda memasukkan password dan layanan akan membantu Anda untuk mengukur kekuatan password Anda. Microsoft juga merekomendasikan bahwa sandi yang kuat harus 14 karakter atau lebih, (delapan karakter atau lebih minimal), dan itu harus mencakup kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, dan simbol.
Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dan dapat memberikan solusi untuk menghindari hacking sandi dari para hacker. |Sumber|

0 komentar:

Posting Komentar