Rabu, 13 Februari 2013

Hacker Mulai serang Sistem Peringatan Darurat ( Emergency Alert Systems)


Peneliti keamanan USA memperingatkan bahwa banyak perangkat sistem peringatan darurat ( Emergency Alert Systems) yang digunakan oleh stasiun radio dan TV rentan terhadap serangan cyber, yang dapat menimbulkan kekacauan sistem.  Saat ini sistem peringatan darurat masih cukup rentan terhadap serangan cyber oleh para hacker.

Hacker mulai masuk ke Sistem Peringatan Darurat sejumlah stasiun televisi dan radio di USA. Serangangan  hacker  kali ini belum begitu berbahaya tapi kemungkinan pada waktu berikutnya akan sangat berbahaya yang bisa menimbulkan kekacauan pada sistem peringatan darurat yang digunakan oleh stasiun TV atau Radio.

Konsultan keamanan sistem di USA, IOActive mengatakan bahwa perangkat yang digunakan oleh stasiun TV dan radio untuk peringatan darurat udara memiliki kerentanan kritis yang membuat mereka rentan terhadap serangan cyber. Jika perangkat ini dilanggar, hacker feasibly bisa menyiarkan apa saja yang mereka inginkan terhadap jutaan pemirsa dan pendengar.

"Kami menemukan beberapa perangkat langsung terhubung ke Internet dan kita berpikir bahwa itu mungkin bahwa hacker sedang memanfaatkan beberapa kerentanan atau beberapa kelemahan lainnya," kata kepala kantor teknologi dari IOActive Cesar Cerrudo kepada Computerworld.
Cerrudo mengatakan bahwa setidaknya dua jenis perangkat Sistem Peringatan Darurat (Emergency Alert Systems) sangat rentan terhadap serangan. "Kami menghubungi CERT  [US Computer Emergency Readiness Team] hampir sebulan yang lalu dan CERT berkoordinasi dengan vendor untuk solusinya," katanya.

Para hacker  masuk ke sistem stasiun televisi dengan trik zombie dilaporkan menggunakan serangan  "back door".  Serangan cyber yang dilakukan dengan cara 'back door' memungkinkan hacker  mengakses keamanan manajer stasiun peralatan EAS, untuk ABC 10, salah satu titik yang mendapat serangan, Cynthia Thompson, menulis posting di blog . "Sifat Pesan Senin malam itu tidak selalu berbahaya, namun fakta bahwa sistem itu rentan terhadap bahaya dari gangguan luar".

Kewaspadaan dari stasiun televisi dan radio sangat penting, mengingat sistem peringatan darurat yang digunakan saat ini masih cukup rentan terhadap serangan hacker, yang memungkinkan para hacker mengirimkan pesan-pesan mereka terhadap jutaan pemirsa dan pendengar dari titik objek stasiun yang mereka  serang. |Sumber|

0 komentar:

Posting Komentar