Senin, 11 Maret 2013

Mencapai Relaksasi dengan Meditasi


Merenung atau meditasi berarti berpikir dan meresapkan perhatian yang dipikirkan secara mendalam, serta konsentrasi pada suatu objek atau kesadaran. Banyak orang tidak memahami pentingnya meditasi atau merenung. Meditasi sebenarnya diadopsi dari banyak ajaran agama. yang merupakan suatu aktivitas memusatkan pikiran secara terfokus dan mendalam untuk mendapatkan relaksasi bagi fisik maupun mental seseorang.

Tujuan utama dari meditasi dimungkinkan untuk menempatkan diri seseorang untuk berkomunikasi dengan batinnya sendiri, guna membantu seseorang  masuk dalam kekuatan individunya sendiri serta memberi kekuatan atau motivasi untuk suatu penyembuhan penyakit. Banyak ditemukan buku-buku, artikel, maupun kursus atau pelatihan yang mereferensikan meditasi untuk membantu tujuan mencapai impian dan harapan, motivasi menjadi kaya, dan terapi atau pengobatan penyakit.

Kebanyakan meditasi mengacu pada latihan-latihan terstruktur yang diadopsi dari ajaran-ajaran agama di Asia dan telah dipraktekkan lebih dari 5.000 tahun. Ajaran Islam sendiri mengenalkan meditasi melalui suatu ibadah yang disebut Tafakur (merenungkan kebesaran sang Maha Pencipta) atau I'tikaf yaitu berdiam diri di dalam masjid dengan maksud untuk merenungkan apa-apa yang telah dilakukan sebelumnya, berfikir untuk bertindak lebih baik lagi dari sebelumnya. 

Meditasi penting untuk menjaga stabilitas fisik dan emosi serta menunjang kesehatan seseorang.  Kebanyakan orang yang berlatih meditasi di dunia Barat adalah untuk mencapai keadaan relaksasi yang mendalam guna memperbaharui energi dan semangat. Teknik meditasi yang menggabungkan fisik, pernapasan, dan kontemplasi cukup sederhana untuk diikuti, tanpa menuntut jadwal maupun ruang tertentu.

Meditasi memiliki banyak manfaat, namun tidak diperlukan tujuan ataupun harapan tertentu saat berlatih. Hal ini untuk memudahkan pemusatan pikiran untuk mendapatkan relaksasi penuh dengan mengabaikan keinginan yang menimbulkan kebimbangan sehingga mengganggu konsentrasi saat meditasi. Latihan bisa dimulai secara perlahan dengan  melakukan meditasi beberapa menit setiap hari, membersihkan pikiran dari banyak hal dan terus berkomunikasi dengan diri sendiri. Latihan rutin setiap hari dengan waktu beberapa menit untuk meditasi, melupakan sejenak hal-hal yang ada pada pikiran maupun perasaan, selanjutnya kembali lagi ke rutinitas dalam keadaan segar dan bersemangat. 

Seseorang mungkin menemukan hasil terbaik dengan mediasi waktu saat meditasi atau merenung untuk melepaskan stress yang membelenggu pikiran yang mengganggu ketenangan batin diri.. Meditasi juga dapat menjadi cara yang baik untuk menjernihkan pikiran dan mengembalikan stabilitas emosi seseorang saat mengalami hari-hari yang berat. | Referensi | Image: www.bluetights.net

0 komentar:

Posting Komentar