Minggu, 30 Desember 2012

Acuan penanganan Spam, Spim dan Spit


Tip Individu penanganan E-mail Spam

Saat ini, belum ada cara yang benar-benar ampuh untuk menghentikan spam. Persoalan spam ini hanya tinggal bagaimana individu pemakai dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk membatasi jumlah e-mail spam yang masuk guna menghemat waktu, emosi dan uang.

Menjaga alamat E-mail lebih pribadi
Untuk menghindari tracking robot oleh spammer, dalam prakteknya, penting untuk tidak memposting (dalam teks) alamat e-mail di Internet pada ruang chatting publik, situs Web, grup-berita, buku tamu, atau blog. Jika Anda temukan interaksi yang membutuhkan pengiriman alamat e-mail, cobalah ketikkan alamat Anda dalam program grafis dan menggunakan gambar alamat dalam berkas tanda tangan atau lampiran. Atau, Anda juga dapat mengganti karakter umum (seperti @ atau.) dengan spasi atau ejaan. Misalnya, menulis alamat seperti :
"webmaster-di-webopedia-dot-com" adalah salah satu cara untuk menampilkan alamat e-mail sehingga manusia dapat memahaminya, tapi perangkat lunak permanen atau script tidak dapat mengambilnya dan menambahkannya ke daftar spam.
Anda juga dapat mempertimbangkan encoding alamat e-mail Anda dengan menggunakan entitas desimal yang setara. Kalau dilihat dari alamat di browser, maka muncul sebagai teks biasa. Kode, meskipun terdiri dari entitas karakter dan terbaca oleh kebanyakan panen script (contoh e-mail address encoder). Jika Anda berencana untuk mengambil bagian dalam forum online atau newsgroup, atau Anda berencana untuk bergabung dengan milis yang berbeda, maka Anda bisa mendaftar online secara gratis pada Web mail account. Ini akan membantu menyaring sebagian besar spam dari alamat e-mail pada salah satu account e-mail yang tidak digunakan untuk keluarga, teman, atau terkait dengan pekerjaan komunikasi posting secara publik. Ini tidak berarti account lainnya tidak akan mendapatkan spam, tetapi ini akan dapat membantu Anda secara bijak untuk mengaktifkan account Anda yang memiliki lebih sedikit spam build-up.

Pilih alamat E-mail yang lebih kompleks
Beberapa spammer pada dasarnya menyerang server e-mail dan menggunakan metode yang disebut serangan kamus (dictionary attach) yang bertujuan untuk mendapatkan junk mail yang akan mereka kirim keluar. Pada dasarnya, spam dikirim ke setiap kombinasi huruf dan nama-nama umum pada ISP. Dalam skenario ini, spam sangat mungkin untuk mendapatkan alamat e-mail umum yang pendek seperti "Maria @insertdomainname.com" daripada "mary_washinger @insertdomainname.com".

Jangan klik link dalam Spam E-mail
Apabila ada link tertulis "klik untuk berhenti berlangganan," jika link yang muncul dalam pesan spam, kemungkinan yang Anda klik "untuk berhenti berlangganan" hanyalah digunakan semata-mata untuk tujuan menginformasikan kembali kepada para spammer alamat e-mail yang valid dan alamat email Anda bahkan mungkin kembali terdaftar pada daftar spam lagi. Studi menunjukkan bahwa respon  dari spam adalah sekitar 1 persen. Meng-klik setiap link spam untuk informasi lebih lanjut atau untuk melakukan pembelian dari spam e-mail ini hanya akan memberi kesempatan  kembali bagi para spammer untuk melanjutkan praktek ini lagi. Daripada menggunakan link dalam spam e-mail, alangkah baiknya mencoba dan menemukan situs Web atau layanan melalui mesin pencari atau cara lainnya. Alternatif lain ini akan menemukan layanan yang sama atau produk yang mirip dari pesaing yang tidak terkait dengan praktik spam yang hanya akan merugikan Anda saja di sana.

Menggunakan Filter E-mail yang baik
Langkah proaktif terbaik yang dapat Anda ambil untuk membatasi spam mail dalam In-Box Anda adalah dengan menggunakan filter e-mail yang baik. Ada banyak jenis filter yang tersedia saat ini yang akan memblokir atau memfilter e-mail berbasis konten, header, atau bahkan bahasa. Sebagian besar program e-mail memungkinkan Anda untuk menentukan kriteria sendiri  dalam memblokir selain juga untuk filter. Ada juga Permission-based filter yang berarti Anda dapat menentukan alamat e-mail tertentu yang diperbolehkan untuk mengirimkan e-mail. Filter yang bekerja pada extra gateway yang juga bisa berguna untuk menghentikan masuknya worm dan virus e-mail attachments.

Ingat Virus Scanner
Hal penting untuk antisipasi spam adalah jangan coba  membuka atau menerima file dari sumber yang tidak Anda kenal. Spam penuh dengan Worm, Trojan dan virus yang dapat dilampirkan (attached) seperti layaknya file resmi dalam pesan e-mail. Sementara tindakan seperti di atas dapat membantu menurunkan jumlah e-mail spam yang masuk, hanya dengan real-time virus scanner yang dapat membantu  menghilangkan risiko keamanan sistem Anda.



Tip Individu penanganan IM Spam (Spim)

Jika Anda terbiasa menanggulangi  e-mail spam, maka Anda telah memiliki acuan awal dalam penanggulangan spim yang menyerang Anda. Sekali lagi, aturan penting untuk perlindungan dan keamanan adalah untuk jangan coba  membuka atau menerima file dari sumber yang tidak Anda kenal!
Akses pribadi adalah kunci:
Cara terbaik untuk menghindari spim adalah untuk jangan pernah membuka atau menanggapi pesan dari sumber yang tidak Anda kenal. Jika Anda membuat user name IM dan rincian kontak umum (detail contack public), seperti dengan e-mail spam, maka Anda memberikan spimmers dengan informasi yang akan mereka butuhkan untuk menghubungi Anda. 

Teman-teman yang bahkan dapat berbahaya:
Untuk menghindari risiko keamanan, gunakan sangat hati-hati membuka file atau link apapun di IM bahkan jika Anda tahu pengguna yang mengirimnya. Sifat Trojans dan Worm yang menyebar melalui saluran IM berarti Buddy’s system Anda bisa terinfeksi, dan Anda menerima pesan mungkin hanyalah hasil dari Worm yang mereplikasi sendiri melalui daftar kontak mereka. Bahkan hyperlink, dapat mengaktualisasikan rute Anda ke situs Web yang memulai download yang tidak Anda ketahui. Spim juga biasanya dirancang untuk bermain pada emosi (misalnya, kisah tentang seorang yang tidak lama lagi meninggal dan bingung bagaimana mengalokasikan warisannya, terdapat teks dengan link yang mengundang Anda untuk meng-klik bagaimana Anda dapat membantu). Mengabaikan pesan ini dan semua pesan dari pengguna IM yang tidak diketahui.

Ingat pemindai Virus:
Aturan penting untuk spim adalah untuk jangan coba membuka atau menerima file dari sumber yang tidak Anda kenal. Spim penuh dengan Worm, Trojan dan virus yang mana pada IM dapat tampak seperti pesan yang tidak berbahaya dari orang dalam daftar kontak Anda. Pemindai virus akan bertindak lebih jauh lagi untuk membantu dan melindungi sistem Anda dari spim berbahaya.

Tip Individu penanganan Internet Telephony Spam (Spit)


Memahami risiko
Spit sementara ini  lumrahnya seperti layaknya spam atau spim, penting untuk mengidentifikasi potensi risiko pada jaringan Anda dan mendidik diri sendiri bagaimana menyikapi dengan bijak tentang tren-tren yang berkembang saat ini. Biasanya masalah dalam skala kecil pada anda dijadikan alasan oleh mereka sebagai upaya untuk membantu Anda, ini merupakan sebuah taktik spam yang biasa.

Enkripsi & keamanan adalah kunci
Untuk menjaga penanganan pada Spit sebelum setiap spam memulai manifestasinya, lihat semua enkripsi percakapan VoIP. Sebagai tambahan, Anda ingin melindungi server anda dan jaringan perangkat keras dengan kedua ID (intrustion detection system) dan anti-virus software. Ada juga tersedia produk khusus VoIP yang mampu memeriksa juga. Misalnya, Anda dapat menjalankan perangkat lunak yang meminta pemanggil memasukan pertanyaan yang perlu dijawab oleh  manusia untuk  mencegah pesan suara otomatis melalui perolehan (getting through).

Memilih service provider yang bijak

Untuk membuat risiko keamanan milik Anda dan pemeliharaan yang lebih mudah, Anda dapat pertimbangkan lebih atas lagi, mapan penyedia layanan VoIP yang memiliki kemampuan untuk menangani lebih lagi, jika tidak semua, persoalan kemanan Internet telephony untuk Anda.

Referensi : Vangie Beal

Related post :


0 komentar:

Posting Komentar