Kamis, 08 November 2012

Konsep Dasar Sistem Informasi



Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Informasi dapat diperoleh dari sistem informasi atau disebut dengan sistem pengolahan atau information processing systems atau information-generating systems. Menurut Robert A. Leithc dan K. Roscoe Davis : "Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan dengan laporan-laporan yang diperlukan".


John Burch dan Gary Grudnitski menyatakakan bahwa sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang yang disebutnya dengan istilah blok bangunan, yaitu blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data dan blok kendali. Sebagai suatu sistem, keenam blok tersebut masing-masing saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasaran.

Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen (management information systems atau sering dikenal dengan singkatan MIS) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. SIM (sistem informasi manajemen) didefinisikan oleh George M. Scott : "Suatu MIS adalah kumpulan dari interaksi-interaksi sistem-sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi.
Menurut Barry E. Cushing : "Suatu MIS adalah kumpulan dari manusia dan sumber-sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggungjawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian".Menurut Frederick H. Wu : "MIS adalah kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen".


Referensi : Jogiyanto HM, Ph.D, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Yogyakarta, 1989

0 komentar:

Posting Komentar